Ads 468x60px

Kamis, 25 April 2013

KHASIAT DAN MANFAAT BUAH DAN SAYUR BERDASARKAN WARNA ALAMINYA



Perbedaan warna yang terdapat dalam buah, sayur dan makanan lain baik itu warna putih, ungu, hijau, merah, kuning, orange cokelat dan biru, sedikit banyak akan mempengaruhi manfaat dari buah tersebut.


Warna Putih
Warna tahu, warna bawang putih, warna keju rendah lemak, warna yogurt, warna susu buah kedelai dan susu adalah contoh makanan yang berwarna putih, mengandung banyak flavonoid yang dapat membantu membran sel. Susu rendah lemak juga dapat membantu lemak dan menurunkan berat badan. Sehingga bagus untuk tubuh.

Warna Merah
Warna sayuran dan buah yang berwarna merah mengandung likopen ,pigmen yang berguna untuk melawan penyakit dan zat yang berperan menjaga sel juga mampu mengurangi resiko kanker, seperti: buah tomat, strawberry, semangka, apel, cranberry, cherry, anggur merah, buah bit, dan paprika merah. sedangkan yang mengandung oksidan paling tinggi adalah strawberry, cranberry, cherry, anggur merah, buah bit dan paprika merah.

Warna Kuning
Warna kuning pada sayuran dan buah-buahan menandakan kandungan vitamin C yang cukup banyak. Dimana vitamin C diperlukan dalam tubuh untuk melindungi sel tubuh, mengandung potassium yang sangat baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi pembentukan plak di arteri, dan berfungsi sebagai pencahar alami.

Warna Hijau
Buah dan sayur yang berwarna hijau mengandung sulfarophane, isothiocyanate dan indoles yang berfungsi untuk merangsang level pembuat komponen yang dapat memecah unsur kimiawi penyebab kanker. Semakin gelap warna hijau pada sayuran, makin banyak klorofil yang dikandungnya dan semakin pula kebutuhan untuk perlindungan antioksidan, seperti: brokoli, selada , bayam, dan teh hijau. Menurut penelitian, teh dapat memberi dorongan pada metabolisme tubuh karena teh mengandung polyphenol dan kafein yang bersatu untuk membuka proses pembakaran lemak pada nilai kontrol yang berbeda.

Warna Orange
Warna ubi jalar, jeruk squash, wortel, blewah labu, buah persik, mangga, dan pepaya adalah contoh buah dan sayur berwarna orange. Setiap porsi dari buah dan sayur tersebut memberi banyak beta karoten, dan alphakaroten. Dimana beta karoten dapat menyehatkan mata dan alpha karoten dapat dengan efektif melawan kanker. Sedangkan setengah mangkok dari buah dan sayur yang berwarna orange tersebut dapat mencukupi kebutuhan vitamin C dalam tubuh.

Warna Cokelat
Kebiasaan mengonsumsi bahan makanan berwarna cokelta, ternyata dapat membantu membuang racun penyebab penyakit dalam tubuh seperti: roti, biji-bijian, sereal, dan kacang-kacangan. Biji-bijian mengandung banyak vitamin B yang dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam mengubah kalori menjadi energi.

Warna Biru dan Ungu
Contoh sayur dan buah yang berwarna biru ungu adalah terung, kismis, dan anggur. Kandungan magnesium pada buah anggur dan kismis sangat diperlukan untuk pergerakan faeces yang baik. Kulit anggur juga merupakan pencahar yang baik. Mengandung air cukup tinggi, sehingga dapatmenambah cairan yang diperlukan tubuh. Sedangkan terung dapat menurunkan kadar kolesterol dan asam empedu di dalam usu dan mengantarnya keluar dari tubuh. Selain itu, terung juga mengandung pectin untuk menurunkan kolesterol dalam jumlah banyak.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

mantap koki sehat artikelnya (y)... :D

Posting Komentar